Kenapa internet di indonesia mahal ?

Kenapa internet di indonesia mahal ?
Ada sebuah pertanyaan "Kenapa internet di indonesia mahal??
Jawabanya adalah Mungkin karena harga backbonenya (jalur utama internet, biasanya berbentuk fiber optik di dasar laut) yang mahal. indonesia karena letaknya di khatulistiwa, membutuhkan kabel backbone lebih panjang dan routing yang lebih jauh.beda dengan jepang dan taiwan misalnya yang mempunyai backbone langsung ke amerika serikat, jarak backbone-nya lebih pendek.
karena butuh routing dan backbone yang lebih panjang, biaya investasi yang dibutuhkan menjadi mahal.
untuk routing, juga membutuhkan biaya. koneksi internet indonesia memiliki hanya 2 route, singapura dan australia. negara seperti jepang memiliki banyak route ke korea, china, rusia, amerika (hawaii dan daratan), taiwan dan sebagainya... semakin banyak route, semakin kompetitif harga yang akan diberikan pemilik backbone tier1 (backbone internet tingkat ). Selain itu gateway kita masih numpang atau sewa ama negara lain, seperti amerika.

Atau mungkin Karena di indonesia cuma ada 2 raksasa yang menguasai (T&I). Makanya harga internet mahal. Coba klo banyak, pasti akan terjadi perang harga untuk menarik konsumen, Dan pasti harganyapun akan kompetitif. karena kan internet berasal dari usa, kan apa yg mahal di sini pasti jauh lebih murah di sana (konon harga buku pelajaran di sini sama dengan harga soda di sana.)

Tapi ada juga temen yang bilang "Perijinan dan biaya-biaya lain yang gak jelas membuat internet mahal, pernah ada teman yg bisa buat teknologi sehingga dia bikin perusahaan provider dgn harga internet bisa 1/3 dari provider lainnya dengan kecepatan yg lebih cepat.
Namun hal ini diprotes oleh provider dan juga oleh pemerintah dgn ancaman akan dituntut.
Jadi, ada dugaan jika internet terlalu cepat dibuat murah maka makin banyak orang yg nambah pintar yg nantinya akan menyulitkan pemerintah itu sendiri.

Ada juga yang bilang "internet di Indonesia bukannya mahal tapi nilai tukar mata uangnya yang rendah
coba aja bayangin 1 dollar amrik bisa digunakan utk 2 jam di warned
ga mahal kan????
hehehe... tapi kapan ya di indonesia menyediakan layanan internet gratis??

Mungkin sobat blogger ada lebih yang tau penyebab utama internet di indonesia mahal??
Jika ada, mohon tinggalkan komentar anda.. atas partisipasinya saya ucapkan terima kasih.. 

Title : Kenapa internet di indonesia mahal ?
Description : Ada sebuah pertanyaan "Kenapa internet di indonesia mahal?? Jawabanya adalah Mungkin karena harga backbonenya ( jalur utama interne...
Comments
0 Comments

0 Response to "Kenapa internet di indonesia mahal ?"

Post a Comment