Tips Membeli Rumah Baru

Okey langsung saja, kali ini saya akan berbagi artikel mengenai hal - hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin membeli sebuah rumah baru. Beli rumah tidak seperti membeli baju. kapan saja bisa anda tukar atau buang ketika tidak cocok. Beli rumah sama dengan membeli kehidupan anda. Karena anda akan hidup dirumah itu dalam jangka panjang.Oleh karena itu yuk perhatikan 6 hal di bawah ini sebelum anda memutuskan membeli rumah :

1. Posisi tanah dan lingkungan adalah hal utama yang harus diteliti, dari kemiringan tanah, sumber air (PDAM atau Air sumur), saluran air, dan bukan rawan banjir.

2. Pastikan juga komplek perumahan yang Anda pilih memiliki sarana dan fasilitas untuk keluarga, minimal dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, jalan raya, angkutan umum, bank dan pusat perbelanjaan.
Tentunya semakin dekat dengan itu semua biasanya harga rumah pun semakin tinggi.

3. Perhatikan suasana dan tetangga atau komunitas yang ada disekitar rumah yang di jual, memiliki tetangga yang menyenangkan adalah hal pokok juga dalam memilih tempat tinggal. Cobalah sapa dan berkenalan dengan tetangga sekitar anda. Jangan hanya melihat sekilas saja.
Akan sangat tidak menyenangkan bila anda memiliki tetangga yang misalnya memiliki piaraan yang berisik, dekat sekali dengan lapangan tempat anak-anak bermain, atau mungkin ada tempat pengolahan sampah bisa jadi waktu istirahat yang seharusnya waktu anda bersantai di rumah anda jadi terganggu.

4. Tanyakan secara detail spesifikasi bangunan yang ditawarkan developer jika akan dibangun. Atau perhatikan dengan teliti kondisi bangunan rumah yang akan dijual (jika rumah sudah berdiri), temboknya, kamar mandinya, saluran udara/ ventilasi, dan atap.

Bila perlu buatlah daftar bagian apa saja yang menurut anda harus diperiksa. Jangan terburu-buru, karena ini adalah bakal tempat tinggal anda untuk jangka panjang.

5. Pastikan kelengkapan surat-surat rumah yang akan dijual. Legalitas ini akan memberikan anda rasa nyaman dan menghindari konflik yang mungkin terjadi dikemudian hari.
Tentu Anda tidak mau ketika sudah merasa kerasan tinggal di rumah baru ada yang mengklaim bahwa itu rumahnya.
Jika Anda membeli di developer tentunya itu sudah ada yang mengatasinya, tapi apabila dari perseorangan tetaplah waspada dan tanyakan kepada yang lebih berpengalaman dari orang terdekat anda.

6. Dapatkan harga terbaik untuk tipe, ukuran dan spesifikasi di atas. Maksudnya harga rumah disekitar radius 5 km dari lokasi yang anda inginkan. Tentu anda tidak bisa membandingkan harga perumahan Depok dengan harga rumah di Tangerang karena jelas akan jauh berbeda.

Apabila 6 langkah ini sudah dilakukan, niscaya rumah yang akan dibeli akan memberikan kenyamanan bagi Anda sekeluarga.
Semoga bermanfaat.. "Link Source: http://www.propertidahsyat.com/2012/12/6-hal-yang-harus-diperhatikan-ketika.html

Title : Tips Membeli Rumah Baru
Description : Okey langsung saja, kali ini saya akan berbagi artikel mengenai hal - hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin membeli sebuah rumah bar...
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Membeli Rumah Baru"

Post a Comment